Minggu, 25 November 2012

Ragam Part Aksesoris Kaki-Kaki Yamaha Mio J dan Soul GT

Modifikasi tanpa melakukan ubahan kaki-kaki rasanya kurang maksimal. Sekedar ganti pelek, sokbraker juga disk brake bisa dilakukan semua motor, termasuk Yamaha Mio J dan Soul GT yang masih tergolong baru. "Sudah banyak kok aksesorinya," buka Juffry Willar, Staf Research & Development Mitra2000, pemegang merek YSS dan TDR di Indonesia. Penasaran? Yuk runut satu persatu!


 
Disk Brake
Piringan cakram Yamaha Mio J dan Soul GT berbeda dengan Mio Sporty. Paling mencolok ada pada lubang baut pengikatnya yang hanya 3. Sedang Mio Sporty punya empat lubang baut. "Kebetulan ini sama seperti milik Yamaha Fino, jadi bisa saling tukar," jelas Juffry. Harganya terjangkau kok, cuma Rp 177.500. Bentuknya juga keren karena didesain bergelombang.
 
Sokbraker Belakang
 

 
Peredam kejut belakang Mio J juga tidak bisa saling tukar dengan Mio Sporty. Pasalnya diameter ulir Mio J lebih kecil ketimbang Mio Sporty. "Kalau dipaksa pakai sokbraker Mio Sporty harus coak cover bodi, selain itu ukuran roda juga jadi tidak bisa terlalu lebar," terang Juffry.

Alternatifnya bisa pakai sokbraker YSS New C Series, pernya lebih kecil harganya dijual Rp 1,3 juta. Atau bisa juga menggunakan Z series non tabung yang dilepas Rp 775.000. Kalau mau menebusnya bisa datang ke Mitra2000 di Jl. Lodan Raya, No. 2, Jakarta Utara. Telp. (021) 693-0777.


 
PelekBuat yang mau ganti pelek, enggak perlu binggung. Perbedaan hanya terdapat pada jumlah lubang baut disk brake depan.  "Di Mio J cuma 3. Sedangkan Mio lama 4," terang Jacob dari Inti Jaya Motor (IJM) di Jl. Kebon Jeruk V, No 260A, Kota, Jakarta Barat.

Selebihnya sama seperti Mio Sporty. Jadi tetap bisa pakai pelek after market dari Mio lawas tapi harus mengganti disk brake model baut 4 seperti bawaan Mio Sporty. Di pasaran ada beberapa merek, salah satunya merek Power dengan pilihan palang 5 atau model sun, palang 9 lurus. Keduanya dijual dengan harga Rp 775 ribu. Untuk membelinya bisa kontak IJM di 0812-952-9693.


 
Teromol
Buat pecinta pelek jari-jari yang mencari teromol kinclong, kini enggak perlu pusing lagi. Kini sudah ada teromol VND dengan teromol depan yang dilengkapi tiga lubang baut disk brake. Harganya dijual Rp 450 ribu. “Lubang jari-jarinya tetap 36,” bilang  Lie Darmawan dari Cen 128 dari Jl. Kebon Jeruk III No. 36J, Kota Jakarta Barat. Telepon (021) 649-8977. (motorplus-online.com) 

1 komentar:

  1. bos kalau velg buat soul GT bisa gak dipake buat vario techno 125

    BalasHapus