Minggu, 25 November 2012

Pertolongan Sementara Baut Dol, Diisolasi dan Diganjal Pelat Almu

 
Karena miring atau terlalu keras ketika mengencangkan baut oli, ulir lubang baut dol atau slek. Alhasil, baut tidak bisa dikencangkan lagi.

Untuk memperbaiki lubang baut dol idealnya harus bongkar mesin. Tapi, kalau dana belum tersedia tidak usah bingung. Pertolongan sementara bisa ikut langkah-langkah sederhana, seperti pakai isolasi pipa air dan diganjal pelat aluminium.

“Sifatnya sementara. Kalau ulirnya cuma termakan sedikit bisa diganjal isolasi pipa air. Tapi, kalau mau lebih maksimal, lilitan isolasi bisa ditahan pelat aluminium tipis,” terang Budi, mekanik bengkel umum di Jl. Krukut Raya, Limo, Depok.

Menggunakan isolasi pipa air pada ulir yang dol hanya dilakukan bila ulir di lubang masih tersisa. Sebab fungsi isolasi hanya membantu menghadang oli tapi tidak terlalu kuat mengunci.

Biar lebih aman, selain pakai isolasi pipa air baiknya pada baut ditambah pelat aluminium. Pelat aluminium yang dipakai tergantung ausnya ulir lubang baut. Jika ausnya sedikit bisa pakai bekas makanan anak-anak yang biasa disebut ciki karena terdapat lapisan aluminium.

Jika pakai bungkus ciki masih kurang mantap, bisa pakai bekas kotak susu cair. Karena lapisan aluminiumnya lebih tebal. Atau kalau lebih parah lagi, pakai pelat bekas odol atau minuman ringan. Yuk dicoba.  (motorplus-online.com)

Sumber : http://motorplus.otomotifnet.com

0 komentar:

Posting Komentar